A. Cornelius Benjamin “That philosopic disipline
which is the systematic study of the nature of science, especially of its
methods, its concepts and presuppositions, and its place in the general scheme
of intellectual discipines. (Cabang pengetahuan filsafati yang merupakan telaah
sistematis mengenai ilmu, khususnya metode-metodenya, konsep-konsepnya dan
praanggapan-praanggapan, serta letaknya dalam kerangka umum cabang-cabang
pengetahuan intelektual.)
Filsafat ilmu adalah sebuah tinjauan kritis tentang pendapat-pendapat ilmiah dewasa ini yang dibandingkan dengan pendapat-pendapat terdahulu yang telah dibuktikan. (Robert Ackermann)
Filsafat ilmu itu mempertanyakan dan menilai metode-metode pemikiran ilmiah, serta menetapkan nilai dan usaha ilmiah sebagai suatu keseluruhan. (Lewis White Beck)
Filsafat ilmu merupakan cabang pengetahuan filsafati yang menelaah sistematis mengenai sifat dasar ilmu, metode-metodenya, konsep-konsepnya, dan praanggapan-praanggapannya, serta letaknya dalam kerangka umum dari cabang pengetahuan intelektual. (Cornelius Benjamin).
Tujuan filsafat ilmu adalah :
- Mendalami unsur-unsur pokok ilmu, sehingga secara menyeluruh kita dapat memahami sumber, hakikat dan tujuan ilmu
- Memahami sejarah pertumbuhan, perkembangan dan kemajuan ilmu di berbagai bidang, sehingga kita mendapatkan gambaran tentang proses ilmu kontemporer secara historis.
- Menjadi pedoman bagi para dosen dan mahasiswa dalam mendalami studi di perguruan tinggi, terutama persoalan yang ilmiah dan non ilmiah
- Mendorong pada calon ilmuwan dan iluman untuk konsisten dalam mendalami ilmu dan mengembangkannya.
- Mempertegas bahwa alam persoalan sumber dan tujuan antara ilmu dan agama tidak ada pertentangan.
Implikasi
Filsafat Ilmu
Implikasi
merupakan hubungan atau keterlibatan. Teknologi kini telah merambah pada dunia
yang lain yakni pendidikan. Missal, kolaborasi antara dunia pendidikan dan
teknologi yakni i-learning. Dengan adanya hal tersebut menunjukka bahwa dunia
pendidikan dan ilmu pengetahuan telah mengalmi metamorfosis.
Perubahan-perubahan tersebut tak lain juga didasari oleh pemikiran filsafat.
Dengan hal ini diharapkan segala jenis bentuk pendidikan yang positif dapat
dirasakan oleh setiap manusia dimanapun berada.
Bagi seorang
yang mempelajari filsafat ilmu diperlukan pengetahuan dasar yang memadai
tentang ilmu. Baik ilmu alam maupun ilmu sosial, sehingga antar ilmu dapat
saling menyapa, serta menyadarkan seorang ilmuwan agar tidak terjebak ke dalam
pola pikir “menara-gading”. Yakni hanya berpikir murni dalam bidangnya tanpa
mengkaitkannya dengan kenyataan yang ada di luar dirinya.
http://faesabila.blogspot.com/2010/10/tujuan-dan-implikasi-filsafat-ilmu.html
No comments:
Post a Comment